Senin, 23 April 2012

KOMUNIKASI PEMASARAN


ANALISA KOMUNIKASI PEMASARAN IKLAN MIE SEDAP AYAM SPESIAL
TUGAS INI DIBUAT UNTUK MEMENUHI MATA KULIAH KOMUNIKASI PEMASARAN


DISUSUN OLEH :
                                    SITI HERDIYANTI ROHANA ( 0906015096 )




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR HAMKA
JAKARTA/2012


ANALISA KOMUNIKASI PEMASARAN IKLAN MIE SEDAP AYAM SPESIAL

·         SEKILAS TENTANG MIE SEDAP

Mie sedap adalah mie instan yang diproduksi  oleh PT. Wingsfood.  Diluncurkan pada tahun 2003. Selain di Indonesia, Mie Sedaap juga dijual di luar negeri, antara lain Malaysia. Dan produk mie sedap dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sehingga setiap mie sedap meluncurkan rasa baru masyarakat selalu antusia mencoba produk tersebut.
Mie sedap muncul pertama kali dengan mie goreng dengan kriuknya yang renyah , kemudian rasa soto dengan serbuk gurih koya dan aroma jeruk nipis yang berasa banget. Rasa ayam bawang paduan antara rasa ayam dan bawang membuat penikmat mie sedap ingin mencoba lagi dan lagi . juga mie sedap sambal goreng dengan rasa jerus nipisnya dan kriuk gurihnya.
Pada tahun 2008 Mie Sedaap meluncurkan kemasan baru dengan formula baru Diperkaya 7 Vitamin. Pada tahun 2009 Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Kari Spesial dengan Bumbu Kari Kental dan Rasanya Nendang. Pada tahun 2011 Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Ayam Spesial dengan rasa kaldu ayamnya.
Mie Sedap kini telah menjadi mie instan yang menguasai pangsa pasar kedua di Indonesia. Dengan pesatnya kemampuan menguasai pasarnya. Kami akan menganalisis komunikasi pemasarannya di dalam iklan Mie Sedap rasa terbarunya yaitu iklan Mie Sedap Rasa Ayam Spesial. Dengan jargon iklan mie sedap terasa sedapnya.





Analisis pasar dengan SWOT pada iklan Mie Sedap Ayam Spesial
                                           
1.      Strenght : kekuatan produk iklan mie sedap rasa ayam special
Mie Sedap Rasa Ayam Spesial merupakan mie sedap dengan rasa terbaru yang diproduksi Mie Sedap. Akhir 2011 lalu iklan mie sedap ini diluncurkan. Dengan penayangan iklan yang sering masyarakat mulai mengetahui dan terkesan dengan iklan ini. Bagaimana tidak, Konsep iklan mie sedap rasa ayam special dibuat dengan ide kreatif dan lucu sehingga terkesan diingatan si konsumen.
Dalam pembuatan iklan Mie Sedap Rasa Ayam Spesial ini tim kreatifnya memasukkan unsur kelucuan atas dialek suatu daerah/suku Batak. Iklan ini dibuat menarik dengan menggunakan anak SD asli Batak yang sangat menyayangi ayam peliharaannya telah kehilangan ayam sepulang dari sekolah. Lalu sang ibu/nenek menyuruhnya untuk makan Mie sedap rasa ayam spesial. Sejenak dia lupa jika ayam-ayamnya telah hilang dan menikmati kelezatan mie yang telah disiapkan. Setelah mie habis dilahapnya, sambil teriak “ ayamku “ dia baru ingat jangan-jangan mie rasa ayam spesial yang di makannya itu adalah ayam-ayam kesayangannya yang hilang. Tapi ibunya/neneknya menjelaskan bahwa itu bukan ayam kesayangannya, melainkan Mie sedap rasa ayam spesial.
Dan  penonton dibuat penasaran kemana perginya ayam kesayangan Adi itu. Di akhir iklan baru diperlihatkan bahwa ayam-ayamnya ada di sekolah Adi bersama guru sekolahnya.

Dari cerita iklan tersebut tersampaikan pesan bahwa mie sedap ayam special itu memiliki cita rasa kaldu yang sangat terasa, karena saking terasanya rasanya, anak tersebut mengira yang dimakannya berasal dari ayam peliharaannya. Ayam peliharaan ( ayam kampung dikenal dengan rasanya yang enak )
2.      Weakness kelemahan produk iklan mie sedap ayam special
Dari segala sisi kreatifnya gambar, alur cerita dan idenya iklan ini memiliki kesempurnaan. Tapi apabila disisi lain iklan ini memiliki kelemahan dalam penyampaian informasinya,, yaitu dalam tayangan akhir iklan ini ada gambar ayam yang bertengger di kepala sang guru. Sebagian orang mengkritik iklan ini karena dianggap melecehkan martabat guru.
Iklan adalah sebagai media untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat luas. Tetapi tidak harus menghina profesi ataupun lainnya.Iklan mie sedap ini dianggap tidak mengandung  unsur pendidikan di dalamnya. Walaupun mengambil seting di sekolahan dan di rumah.Tetapi iklan ini dianggap melecehkan profesi guru.
Beberapa hal yang membuat iklan ini melecehkan guru dan merendahkan pendidikan di Indonesia :
a.      Profesi guru dianggap tidak ada harganya dengan menempatkan ayam di atas kepala sang guru.
  1. Profesi guru dianggap sebagai objek penderita, seolah-olah guru itu sosok yang galak, pemarah, menakutkan, dan tidak menarik. Padahal dalam kenyataannya masih banyak guru yang menarik, pemaaf, sabar, dan menyenangkan.
  2. Sekolah atau tempat pendidikan dianggap kandang ayam atau dekat dengan kandang ayam. Sehingga dengan seenaknya ayam beterbangan kesana kemari hingga di atas kepala sang guru.
3.      Opportunitty ( peluang produk )
Dengan gencarnya iklan di berbagai media. Masyarakat akan menjadi lebih mengenal produk ini dan diharapkan menjadi “ top of mind “. Mie sedap ayam special ini memiliki peluang untuk  menjadi market leader. Iklan yang dikonsep sedemikian rupa ini bisa menjadikan para calon konsumen menjadi konsumen produk ini.
Mie instan rasa ayam special sebelumnya ada yaitu dari produk indomie, karena intensitas iklan yang jarang bahkan tidak ada, Mie Sedap rasa Ayam Spesial memiliki peluang untuk menguasai pasar. Ditambah lagi rasa mie sedap ayam special ini memiliki rasa kaldu yang mantap.
4.      Threath ( ancaman )
Karena iklan ini sudah ada yang mengkritik gara gara melecehkan guru dengan bertenggernya ayam di kepala guru dan ayam yang masuk kelas sekolahan yang seolah olah dianggap kandang ayam. Iklan ini dicekal KPI untuk merevisi dan memperbaiki iklan ini.
Apabila iklan ini masih belum diperbaiki KPI tidak akan menayangkan iklan ini lagi. Dan bisa bisa masyarakat perlahan lupa dengan produk yang baru keluar ini. Dan mie sedap ayam special ini akan kehilangan marketnya. Dan konsumen yang ada pun mencari produk lain.



2. KOMPONEN STRATEGI
A. SEGMENTASI
Segmentasi pasar secara luas digunakan untuk menerapkan strategi khususnya perusahaan kecil dan spesialis. Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pembagian pasar ke dalam kelompok konsumen tergantung dari kebutuhan dan kebiasaan membelinya.
Dari iklan tersebut, dapat kita ketahui bahwa target pasar dari mie sedap adalah lebih kepada anak-anak dan keluarga. Target pasar ini sudah sesuai dilihat dari kesenangan anak-anak zaman sekarang mengkonsumsi mie instan. Anak-anak juga dianggap sebagai penentu keputusan pembelian rumah tangga dalam hal selera makanan. Dengan dibuatnya iklan lucu dan menarik itu, diharapkan anak-anak akan selalu ingin mengkonsumsi Mie Sedap Rasa Ayam Spesial.
Dengan demikian apabila dilihat dari segmentasi demografi disisi usianya dapat dikonsumsi dari usia anak anak  sampai dengan usia produktif ( 6-49 tahun ). Segmentasi kelas social yang ditujukan oleh mie sedap ini adalah kelas B-C. dan
-DEMOGRAFI PSIKOGRAFI
Pembagian pasar berdasarkan gaya hidup dan atau kepribadian di rujuk sebagai segmentasi psikografis. Penentuan gaya hidup biasanya didasarkan pada analisis kegiatan, minat dan opini (activities, interest, opinion – AIO) para konsumen.
Melihat dari tayangan tersebut mie sedap yang diperankan ibu rumah tangga di perkampungan menujukan mie sedap rasa ayam special ini memiliki citarasa yang tinggi. Mie sedap memposisikan mereknya sebagai produk dengan keunggulan bumbunya yang berasal dari kaldu ayam asli. Digambarkan disitu kaldu ayam berasal dari potongan ayam bukan berasal dari penyedap buatan. Hal ini diperkirakan akan mempengaruhi keputusan ibu dalam memilih produk mie instan dengan bumbunya yang asli.
Differensiasi mie sedap ayam special dengan mie sedap lainnya adalah mie sedap ayam spessial memiliki rasa kaldu ayam yang sangat kuat seperti rasa kaldu ayam aslinya. Sehingga mie sedap ayam special bisa menjadi alternative bagi konsumen penikmat ayam yang ingin menikamti sensasi mie instan dengan rasa kuah kaldu yang asli.
3. Marketing Mix dengan 4P
PRODUK
Mie Sedap Ayam Spesial merupakan produk mie instan berbahan dasar tepung terigu, bumbunya berasal dari rempah rempah terbaik. Untuk kemasan menggunakan pplastik yang terjaga kualitasnnya dan produk ini hala untuk dikonsumsi. Dengan rasa ayam mie ini menjadi favorit masyarakat, karena secara umum rasa ayam menjadi selera umum masyarakat Indonesia. Rasa kaldu yang kuat menjadi andalan dari mie sedap ayam special ini.
PRICE
Untuk harga yang dianjurkan perbungkus mie sedap ayam special adalah Rp.1200,- ( untuk pulau jawa dan sekitarnya ).  Harga bisa berbeda apabila dijual di luar pulau jawa ataupun diwarung ecerannya
Dan harga perkarto ( isi 40 bungkus ) RP. 48.000,-
Harga ini lebih murah disbanding harga pesaingnya indomie.
PLACE
Tempat penjualannya di warung, toko kelontongan, kantin , supermarket dan lain lain.



PROMOTION
Dengan menggunakan “ above the line media “
Melalui iklan televise, radio, surat kabar, dan majalah.
Dengan menggunakan “ bellow the line media “
Melalui baliho, Banner, Display Produk, dan saat mengadakan event event sebagai bentuk promosi.












                                                KESIMPULAN
Iklan Mie Sedap dengan Rasa Ayam Spesial adalah iklan yangmempromosikan produknya dengan kesan citarasa dari mie tersebut memiliki keunggulan pada kuahnya, rasa kaldu yang mantap menjadi keunggulan dari rasa mie tersebut.
Dengan dipilihnya alur cerita, tokoh dan suasana seperti anak yang memelihara ikan, seting tempat diperkampungan, anak kecil pulang sekolah, mencerminkan segmentasi ditujukan pada kelas B-C, untuk usia 6-49 tahun. Dan untuk memanjakan lidah pecinta mie instan yang mendambakan rasa ayam dengan sensasi kuah kaldu yang sama dengan rasa kaldu ayam aslinya.
            Iklan yang sering ditayangkan, intensnya promosi di berbagai media merupakan strategi komunikasi pemasaran perusahaan agar masayarakat mengenal produk tersebut dan terkesan sehingga berminat untuk membeli produk mie sedap rasa ayam special ini. Dan juga untuk mendapat tempat dihati masyarakat. Dan tentunya untuk meningkatkan penjualan.

                                                            SARAN
Agar penjualan mie sedap meningkat dan mendapat tempat dihati masyarakat. Alangkah baiknnya bila membuat iklan tidak mengesampingkan moral ataupun melecehkan salah satu profesi.
Dengan adanya protes dari msayarakat yang telah dianggap melecehkan guru, dan dicekal KPI. Iklan mie sedap dapat direvisi atau membuat iklan dengan konsep yang lebih kreatif, edukatif dll. Agar mie sedap tetap diminati masyarakat dan bisa menguasaipangsa pasar mie instan di Indonesia.


                                                            DAFTAR PUSTAKA

 http://taktiktek.blogdetik.com/2012/01/02/iklan-mie-sedap-rasa-ayam-spesial-melecehkan-martabat-guru/
id.wikipedia.org/wiki/Mie_Sedaap
 Sutisna.2001, Perilaku Konsumen dan Perilaku Pemasaran















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar